FORMAT RENCANA / DESAIN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
FORMAT
RENCANA / DESAIN IDENTIFIKASI
KEBUTUHAN BELAJAR
PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
DISUSUN OLEH:
…………………………………………….
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
NONFORMAL DAN INFORMAL
BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
NONFORMAL DAN INFORMAL REGIONAL VI PAPUA
TAHUN 2015
I.
Rencana/Desain
Identifikasi
A.
Dasar Kebutuhan
1. Pendidikan
pendidkan anak usia dini adalah suatu upaya
pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam
tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu
perkembangan pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rokhani agra anak
memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
2. Sasaran
pendidikan anak usia dini sesuai dengan Sisten Pendidikan Nasioanl no 20 tahun
2003 adalah anak sejak lahir samapi dengan 6 tahun ( 0 – 6 tahun ).
3. Layanan
pendidikan anak usia dini dapat dilakukan melalui jalur formal yaitu TK dan RA untuk
usia 4-6 tahun dan jalur non formal yaitu Kelompok Bermain (KB) untuk usia 2-4
tahun atau 4-6 tahun, Taman Penitipan Anak ( TPA) yang memberikan program
pengasuhan untuk usia 0-6 tahun dan Satuan Pendidikan Sejenis (SPS)
B.
Tujuan
1. Mengetahui
jumlah sasaran Pendidikan Anak Usia Dini di suatu wilayah.
2. Mengetahui
jumlah anak usia dini yang sudah terlayani melalui program-program layanan PAUD
yang sudah ada di wilayah tertentu.
3. Mengatahui
program layanan PAUD yang ada diwilayah tertentu
4. Mengetahu
sumber-sumber pendukung yang dapat menunjang layanan PAUD
C.
Fungsi
1. Sebagai
bahan pertimbangan untuk menentukan jenis
layanan PAUD yang sesuai di suatu wilayah.
2. Sebagai
data dan informasi bagi pihak yang memerlukan
3. Sebagai
bahan dokumentasi
D.
Sasaran
Yang
akan menjadi sasaran pada kegiatan
identifikasi program pendidikan
anak usia dini adalah keluarga yang memiliki anak usia 0 – 6 tahun.
E.
Waktu
dan Tempat
Identifikasi
dilaksanakan di
Lembaga
satuan PAUDNI………………………………………………………………
Kampung/Kelurahan……………………………………………………………………
Distrik/Kecamatan………………………………………………………………………
Kabupaten……………………………………………………………………………….
Provinsi………………………………………………………………………………….
mulai
tanggal………………………….sampai dengan ………………………………..
F.
Petugas
Identifikasi
Petugas
identifikasi ditetapkan dalam satu Tim Identifikasi, dengan susunan dan
komposisi sbb:
-
Penanggung Jawab : Kepala BP-PAUDNI Regional VI Papua
-
Ketua Tim : Pamong Belajar
-
Anggota :
1. Pamong
Belajar
2. Pamong
Belajar
3. Pamong
Belajar
G. Teknik Identifikasi
Dalam
pelaksanaan identifikasi ini teknik-teknik yang akan digunakan dalam rangka
pengumpulan data antara lain:
-
Studi dokumentasi
-
Wawancara
-
FGD
-
Observasi
-
Studi Pustaka, Dll
H. Aspek-aspek Identifikasi
a.
Karakteristik reponden
b.
Sarana umum yang tersedia
c.
Tingkat pendidikan orang tua
d.
Sumber daya alam milik umum
e.
Tenaga pendidikan dan kependidikan
f.
Adat istiadat dan budaya
g.
Lembaga pendidikan
h.
Lembaga keagamaan
I. Langkah-langkah pelaksanaan
identifikasi
1. Persiapan
a. Menentukan
jenis data dan aspek-aspek yang akan diidentifikasi
b. Menentukan
petugas identifikasi
c. Menentukan
waktu dan lokasi identifikasi
d. Menentukan
teknik identifikasi
e. Koordinasi
dengan aparat kelurahan dan RW
f. Menghubungi
responden yang akan dijadikan sasaran identifikasi
g. Koordinasi
dengan dinas/instansi terkait
2. Pelaksanaan
a. Melaksanakan
koordinasi dengan dinas/instansi terkait
b. Melaksanakan
koordinasi dengan aparat kampung terkait dalam rangka pengumpulan responden
c. Melaksanakan
identifikasi sesuai data dan aspek-aspek yang diperlukan
d. Mengisi
instrument identifikasi
3. Tindak
Lanjut
a. Pengolahan
data
b. Analisis
kebutuhan program
c. Laporan
hasil identifikasi
J. Biaya
Biaya
pelaksanaan identifikasi ini dibebankan
kepada satuan program yang akan dilaksanakan.
K. Penutup
Identifikasi
memiliki peran penting dan strategis
dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan program, oleh karenanya dalam
melakukan identifikasi perlu dengan sungguh-sungguh dan teliti, sehingga data
yang diperoleh merupakan suatu kebenaran dan fakta murni dari lapangan, tanpa
diikuti dengan kepentingan-kepentingan tertentu. Dengan demikian pada
pelaksanaanya program tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang
sesuai dengan minat dan motivasinya.
II.
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
Dalam
kegiatan identifikasi sasaran dan kebutuhan program Pendidikan Anak Usia Dini
ini menggunakan instrument studi dokumentasi data yang ada di kelurahan, Rw dan
RT dan sebagai pendudkung dan pengecekan data menggunakan teknik wawancara.
A.
Studi dokumentasi
Dokumen
yang dikumpulkan dan diseleksi sesuai kebutuhan program pendidikan anak usia
dini berasal dari
1. Data
penduduk
2. Kartu
keluarga
3. Data
peserta Posyandu
Dokumen
yang telah terkumpul di pilah sesuai dengan kebutuhan program pendidikan anak
usia dini dan data calon sasaran dimasukkan dalam format sebagai berikut:
FORMAT IDENTIFIKASI CALON SASARAN
PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
RT/RW: ………………….. Kel: …………………..
NO
|
NAMA
|
UMUR
|
NAMA ORANG TUA
|
TELAH/BELUM
TERLAYANI PAUD
|
|
|
|
Terlayani di
|
belum
|
||
|
|
|
|
|
|
FORMAT IDENTIFIKASI CALOM PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK UDIA DINI
RT/RW : ……………………., KEL: ………………..
NO
|
NAMA
|
UMUR
|
PENDIDIKAN
|
PENGALAMAN
|
ALAMAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
FORMAT IDENTIFIKASI CALON SARANA
DAN PRASARANA
PENDIDKAN ANAK UDIA DINI
RT/RW : ……………………., KEL: ………………..
NO
|
NAMA
|
BENTUK
|
KEPEMILIKAN
|
ALAMAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Wawancara
Instumen wawancara digunakan untuk
menggali data tentang keberadaan lembaga paud, keberadaan sarana dan prasarana
serta ketesediaan dan kesediaan tenaga pendidik dan kependidikan paud di lokasi
sasaran identifikasi. Instrumen wawancara disusun dalam bentuk pedomana
wawancara.
PEDOMAN WAWANCARA
CALON SASARAN PROGRAM PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI
Nama Responden :…………………………..
Pekerjaan :…………………………..
Hari/Tgl Wawancara :………………………….
W a k t u :…………………………
Tempat Wawancara :………………………..
Panduan pertanyaan wawancara
1.
Apakah
bapak/ibu sudah pernah mendengar tentang program pendidikan anak usia dini?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Dari
mana bpk/ibu mendapat informasi tersebut?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Sudah
adakah layanan PAUD disini?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Kalau
sudah ada, layanan PAUD apa saja yang sudah ada dilingkungan ini?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Bagimana
tanggapan masyarakat sekitar tentang keberadaan program PAUD dilingkungannya?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.
Biasanya
umur berapa anak-anak yang sudah terlayani program PAUD?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.
dst
III.
LAPORAN
HASIL IDENTIFIKASI
A.
Dasar
pemikiran
1.
Hasil identifikasi merupakan data yang penting untuk menentukan langkah dalam pengambilan keputusan tentang
perlu tidaknya suatu program layak dan patut dilaksanakan dengan data yang
akurat dapat memengaruhi terhadap proses dan hasil pelaksanaan program kelak
dimudian hari.
2.
Dengan data hasil identifikasi
perencanaan program akan lebih mudah dibuat dan dilaksanakan karena informasi
yang diperoleh dari lapangan adalah benar merupakan fakta yang dapat
dipertanggungjawabkan
3.
Identifikasi akan dapat memberikan
informasi yang berkaitan dengan potensi-potensi dan sumber daya yang ada
dimasyarakat kelompok sasaran
B. Tujuan
1. Memberikan laporan hasil pelaksanaan identifikkasi kebutuhan belajar program pendidikan
kecakapan hidup.
2. Memberikan data dan informasi
kebutuhan belajar yang diinginkan masyarakat beserta potensi lokal yang dapat mendukung pelaksanaan
program.
3. Memberikan masukan sebagai bahan
pertimbangan untuk menentukan program kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar warga
belajar
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup laporan ini memuat
pengumpulan dan pengolahan data dari hasil identifikasi beserta analisa-analisa
yang telah dilakukan guna memberikan
informasi yang bermanfaat dalam pelaksanaan program yang direncanakan.
D. Tabulasi Data
a. Data calon sasaran PAUD
No
|
Kelompok
usia
|
jumlah
|
Terlayani/belum
|
||
TK/RA
|
PAUD
|
Belum
|
|||
1
|
0-2
tahun
|
|
|
|
|
2
|
2-3
tahun
|
|
|
|
|
3
|
3-4
tahun
|
|
|
|
|
4
|
4-5
tahun
|
|
|
|
|
5
|
5-6
tahun
|
|
|
|
|
b.
Data calon pendidik dan tenaga kependidikan
No
|
Nama
|
Umur
|
Pendidikan
|
Alamat
|
|
|
|
|
|
c. Data
calon sarana dan prasarana
No
|
Jenis
sarana/prasarana
|
luas
|
kepemilikan
|
Alamat
|
|
|
|
|
|
E.
Penyajian Data dan Informasi
Data
yang telah dianalisis selanjutnya disajikan sebagai bahan informasi dalam bentuk matrik kebutuhan program PAUD yang diminati masyarakat
dan disampaikan kepada pihak yang
membutuhkan, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan program pendidikan
anak usia dini pada satuan PAUDNI yang ada di masyarakat.
Komentar
Posting Komentar