FORMAT RENCANA / DESAIN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

FORMAT
RENCANA / DESAIN IDENTIFIKASI
KEBUTUHAN BELAJAR
PROGRAM PENDIDIKAN  ANAK USIA DINI (PAUD)














DISUSUN OLEH:

…………………………………………….













KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
NONFORMAL DAN INFORMAL
BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
NONFORMAL DAN INFORMAL REGIONAL VI PAPUA
TAHUN 2015




I.      Rencana/Desain Identifikasi

A.    Dasar  Kebutuhan

1.      Pendidikan pendidkan anak usia dini adalah suatu upaya  pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu perkembangan pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rokhani agra anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
2.      Sasaran pendidikan anak usia dini sesuai dengan Sisten Pendidikan Nasioanl no 20 tahun 2003 adalah anak sejak lahir samapi dengan 6 tahun ( 0 – 6 tahun ).
3.      Layanan pendidikan anak usia dini dapat dilakukan melalui jalur formal yaitu TK dan RA untuk usia 4-6 tahun dan jalur non formal yaitu Kelompok Bermain (KB) untuk usia 2-4 tahun atau 4-6 tahun, Taman Penitipan Anak ( TPA) yang memberikan program pengasuhan untuk usia 0-6 tahun dan  Satuan Pendidikan Sejenis (SPS)
  
B.     Tujuan
1.      Mengetahui jumlah sasaran Pendidikan Anak Usia Dini  di suatu wilayah.
2.      Mengetahui jumlah anak usia dini yang sudah terlayani melalui program-program layanan PAUD yang sudah ada di wilayah tertentu.
3.      Mengatahui program layanan PAUD yang ada diwilayah tertentu
4.      Mengetahu sumber-sumber pendukung yang dapat menunjang layanan PAUD

C.    Fungsi
1.      Sebagai bahan pertimbangan  untuk menentukan jenis layanan PAUD yang sesuai di suatu wilayah.
2.      Sebagai data dan informasi bagi pihak yang memerlukan
3.      Sebagai bahan dokumentasi

D.    Sasaran
Yang akan menjadi sasaran pada kegiatan  identifikasi  program pendidikan anak usia dini  adalah  keluarga yang memiliki anak usia 0 – 6 tahun.

E.     Waktu dan Tempat
Identifikasi  dilaksanakan di
Lembaga satuan PAUDNI………………………………………………………………
Kampung/Kelurahan……………………………………………………………………
Distrik/Kecamatan………………………………………………………………………
Kabupaten……………………………………………………………………………….
Provinsi………………………………………………………………………………….
mulai tanggal………………………….sampai dengan ………………………………..

F.     Petugas Identifikasi
Petugas identifikasi ditetapkan dalam satu Tim Identifikasi, dengan susunan dan komposisi  sbb:
-          Penanggung Jawab                       : Kepala BP-PAUDNI Regional VI Papua
-          Ketua Tim                                     : Pamong Belajar
-          Anggota                                        :
1.      Pamong Belajar
2.      Pamong Belajar
3.      Pamong Belajar

G.    Teknik Identifikasi
Dalam pelaksanaan identifikasi ini teknik-teknik yang akan digunakan dalam rangka pengumpulan data antara lain:
-          Studi dokumentasi
-          Wawancara
-          FGD
-          Observasi
-          Studi Pustaka, Dll

H.    Aspek-aspek Identifikasi
a.         Karakteristik  reponden
b.         Sarana umum yang tersedia
c.         Tingkat pendidikan orang tua
d.        Sumber daya alam milik umum
e.         Tenaga pendidikan dan kependidikan
f.          Adat istiadat dan budaya
g.         Lembaga pendidikan
h.         Lembaga keagamaan

I.       Langkah-langkah pelaksanaan identifikasi
1.      Persiapan
a.       Menentukan jenis data dan aspek-aspek  yang akan diidentifikasi
b.      Menentukan petugas  identifikasi
c.       Menentukan waktu dan lokasi identifikasi
d.      Menentukan teknik  identifikasi
e.       Koordinasi dengan aparat kelurahan dan RW
f.       Menghubungi responden yang akan dijadikan sasaran identifikasi
g.      Koordinasi dengan  dinas/instansi terkait

2.      Pelaksanaan
a.       Melaksanakan koordinasi dengan dinas/instansi terkait
b.      Melaksanakan koordinasi dengan aparat kampung terkait dalam rangka pengumpulan responden
c.       Melaksanakan identifikasi  sesuai data  dan aspek-aspek yang diperlukan
d.      Mengisi instrument identifikasi


3.      Tindak Lanjut
a.       Pengolahan data
b.      Analisis kebutuhan program
c.       Laporan hasil identifikasi

J.      Biaya
Biaya pelaksanaan identifikasi ini  dibebankan kepada satuan program yang akan dilaksanakan.

K.    Penutup
Identifikasi memiliki peran penting dan  strategis dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan program, oleh karenanya dalam melakukan identifikasi perlu dengan sungguh-sungguh dan teliti, sehingga data yang diperoleh merupakan suatu kebenaran dan fakta murni dari lapangan, tanpa diikuti dengan kepentingan-kepentingan tertentu. Dengan demikian pada pelaksanaanya program tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang sesuai dengan minat dan motivasinya.
























II.                INSTRUMEN IDENTIFIKASI

Dalam kegiatan identifikasi sasaran dan kebutuhan program Pendidikan Anak Usia Dini ini menggunakan instrument studi dokumentasi data yang ada di kelurahan, Rw dan RT dan sebagai pendudkung dan pengecekan data menggunakan teknik wawancara.

A.                 Studi dokumentasi
Dokumen yang dikumpulkan dan diseleksi sesuai kebutuhan program pendidikan anak usia dini berasal dari
1.    Data penduduk
2.    Kartu keluarga
3.    Data peserta Posyandu
Dokumen yang telah terkumpul di pilah sesuai dengan kebutuhan program pendidikan anak usia dini dan data calon sasaran dimasukkan dalam format sebagai berikut:

FORMAT IDENTIFIKASI CALON SASARAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
RT/RW: ………………….. Kel: …………………..

NO
NAMA
UMUR
NAMA ORANG TUA
TELAH/BELUM TERLAYANI PAUD


Terlayani di
belum







FORMAT IDENTIFIKASI CALOM PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK UDIA DINI
RT/RW : ……………………., KEL: ………………..

NO
NAMA
UMUR
PENDIDIKAN
PENGALAMAN
ALAMAT














FORMAT IDENTIFIKASI CALON SARANA DAN PRASARANA
PENDIDKAN  ANAK UDIA DINI
RT/RW : ……………………., KEL: ………………..

NO
NAMA
BENTUK
KEPEMILIKAN
ALAMAT



















B.  Wawancara
             Instumen wawancara digunakan untuk menggali data tentang keberadaan lembaga paud, keberadaan sarana dan prasarana serta ketesediaan dan kesediaan tenaga pendidik dan kependidikan paud di lokasi sasaran identifikasi. Instrumen wawancara disusun dalam bentuk pedomana wawancara.

PEDOMAN WAWANCARA
CALON SASARAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Nama Responden        :…………………………..
Pekerjaan                     :…………………………..
Hari/Tgl Wawancara   :………………………….
W a k t u                      :…………………………
Tempat Wawancara     :………………………..

Panduan pertanyaan wawancara
1.      Apakah bapak/ibu sudah pernah mendengar tentang program pendidikan anak usia dini?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Dari mana bpk/ibu mendapat informasi tersebut?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Sudah adakah layanan PAUD disini?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.      Kalau sudah ada, layanan PAUD apa saja yang sudah ada dilingkungan ini?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.      Bagimana tanggapan masyarakat sekitar tentang keberadaan program PAUD dilingkungannya?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.      Biasanya umur berapa anak-anak yang sudah terlayani program PAUD?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.      dst     

III.           LAPORAN HASIL IDENTIFIKASI
A.       Dasar pemikiran

1.         Hasil identifikasi merupakan  data yang penting untuk menentukan  langkah dalam pengambilan keputusan tentang perlu tidaknya suatu program layak dan patut dilaksanakan dengan data yang akurat dapat memengaruhi terhadap proses dan hasil pelaksanaan program kelak dimudian hari.
2.         Dengan data hasil identifikasi perencanaan program akan lebih mudah dibuat dan dilaksanakan karena informasi yang diperoleh dari lapangan adalah benar merupakan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan
3.         Identifikasi akan dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan potensi-potensi dan sumber daya yang ada dimasyarakat kelompok sasaran
B.   Tujuan
      1. Memberikan  laporan hasil pelaksanaan  identifikkasi kebutuhan belajar program pendidikan kecakapan hidup.
      2. Memberikan data dan informasi kebutuhan belajar yang diinginkan masyarakat beserta potensi lokal  yang dapat mendukung  pelaksanaan  program.
     3. Memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan program kegiatan belajar  yang sesuai dengan kebutuhan belajar warga belajar
C.  Ruang Lingkup
      Ruang lingkup laporan ini memuat pengumpulan dan pengolahan data dari hasil identifikasi beserta analisa-analisa yang telah dilakukan  guna memberikan informasi yang bermanfaat dalam pelaksanaan program yang direncanakan.

D. Tabulasi Data 
     a. Data calon sasaran PAUD
No
Kelompok usia
jumlah
Terlayani/belum
TK/RA
PAUD
Belum
1
0-2 tahun




2
2-3 tahun




3
3-4 tahun




4
4-5 tahun




5
5-6 tahun






b. Data calon pendidik dan tenaga kependidikan
No
Nama
Umur
Pendidikan
Alamat






c.    Data calon sarana dan prasarana

No
Jenis sarana/prasarana
luas
kepemilikan
Alamat






E. Penyajian Data dan Informasi
Data yang telah dianalisis selanjutnya disajikan sebagai bahan  informasi dalam bentuk  matrik kebutuhan program PAUD yang diminati masyarakat dan disampaikan kepada  pihak yang membutuhkan, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan program pendidikan anak usia dini pada satuan PAUDNI yang ada di masyarakat.



































Komentar

Postingan populer dari blog ini

SILABUS KUM